Tuesday, April 5, 2011

Pelihara Kelinci Yuk !

Ada beberapa hewan peliharaan yang di punyai Zidan di rumah. Ada ikan hias, kura-kura, ayam bangkok, dan kucing. Sekarang lagi "musim"nya orang pelihara hamster, yaitu sejenis hewan marmut tapi badannya kecil imut seperti tikus putih. Hiii....geli ah ! karena seperti tikus, bisa-bisa nanti jadi santapannya Tofi si kucing jantan. Setelah berdiskusi, akhirnya di sepakati kita akan memelihara kelinci. Selain perawatannya yang mudah, ketersediaan pakan yang terjangkau, juga kotorannya yang berguna sebagai pupuk tanaman.  Pada hari Minggu 26 Maret 2010, kami pun pergi ke pet shop yang berada di Jl. Riau Ujung sebelum bundaran Arengka 2 yang menuju Jembatan Siak 2, untuk membeli kandang kelinci yang knock-down alias bisa di bongkar pasang. Kandang knock-down ini ditawarkan dengan harga Rp. 180.000 (Hhhmmm, mahal juga nih !) Naluri ibu-ibu yang gak mau kalah dalam hal tawar menawar, akhirnya di dapat harga terendah yaitu Rp. 150.000. Tempat minumnya di beli dengan harga Rp. 30.000 (Mahal juga nih botol minuman kelincinya). Selain produk nya yg berkualitas, bentuk dan modelnya pun khusus di disain untuk kelinci / hamster. Di Pet shop ini juga tersedia beragam hewan peliharaan, ada reptil sejenis ular, iguana, tokek, ada juga ikan, lobster air tawar, kura-kura, kelinci new zealand, kelinci anggora, anjing, kucing dan juga burung. Disini lengkap banget, tersedia berbagai macam kandang, asesoris dan juga pakan hewan peliharaan. Ada salon hewan nya juga loh !
Setelah membeli kandang, kami pun pergi ke pasar hewan di Pasar Inpres Labuh Baru yang di dekat Jl. Rajawali - Pekanbaru. Di pasar hewan yang merupakan pindahan dari pasar yg dulunya di belakang mesjid agung An-Nur itu, tersedia beragam jenis hewan peliharaan. Ada unggas , ayam, bebek, burung, monyet, kelinci, hamster, dll. Disana tersedia juga kandang dan pakan nya. Kami membeli sepasang kelinci lokal dengan harga Rp. 60.000 sepasang. Harga kelinci lokal yang ditawarkan berkisar antara Rp. 75.000 - 60.000. Tergantung kepandaian dalam tawar menawar lah. Disini ada juga kelinci anggora, ditawarkan dengan harga Rp. 120.000 - Rp.100.000 sepasang nya.
Menurut abang penjualnya, makanan kelinci yang paling bagus yaitu wortel, karena kandungan airnya yang banyak dan sesuai dengan keadaan di Pekanbaru yang suhu udaranya di siang hari cukup panas dan terik. Untuk daun-daunan, boleh sesekali diberi kangkung dan rumput-rumputan. Pemberian wortel dan daun-daunan ini diberikan pada siang hari, sementara pada malam hari sebaiknya diberikan pakan berupa dedak ayam 512 atau pelet ikan koi / hias. Ada juga sih pelet khusus kelinci, tapi harganya mahal banget. 1 Pack yang seukuran gelas 200 ml harganya Rp. 20.000. Pelet khusus kelinci ini bagus diberikan untuk kelinci anggora atau kelinci new zealand. Karena kelinci yang kami punya adalah kelinci lokal, maka kami pun memberi pakannya yang biasa aja tapi tetap memenuhi kebutuhan gizi si kelinci tersebut.
Agar kandang tetap terjaga kebersihannya, kami pun mengisi sedikit pasir pada alas kandangnya, sehingga air kencing kelinci bisa terserap dan kandang tidak becek. Setiap seminggu sekali, kandang kami bersihkan. Pasir yang telah terkena kencing kelinci ini bisa di jadikan pupuk atau campuran media tanam. Kotoran Kelinci nya juga kami jadikan pupuk bagi tanaman. Sangat berguna kan..... Yuk pelihara kelinci !! ... :) 

11 comments:

  1. Kelincinya sudah dikasi nama belom Zidan?? :D

    ReplyDelete
  2. nama kelincinya MIWWA aja mba
    kok yg ngomen diatas
    jiahahahaha...

    ditunggu di bappeda utk nobar

    ReplyDelete
  3. @Miwwa : udah dong tante, yang jantan namanya Sule, yang betina namanya Sely... hehheehehe

    @Bang Atta ; Sip deh, insyaAllah dateng nobar skalian bawa bunga melatinya, kebeneran kemaren nyetek trus jadi (tumbuh)

    @Mba Wina ; minta beliin tuh sama si Om pimpaalaiyumgambreng.....unyil kucing (kabuur !! )

    ReplyDelete
  4. kelincinya kasi nama om atta aja.. yang satu atta yang satu yaya wewewe.. :P

    eh acara apa sih? Bapeda itu apa sih? *dikepret om mario*

    ReplyDelete
  5. oiiiiii.... miwwa kalo ga datang awas ya...

    ReplyDelete
  6. Dipelihara dgn baik kelinciny y zidan, kasih makann tiap hari. :D

    Kabar mbun baik mbak, mbak & zidan gmna?

    Oh ya, jgn lupa tgl 16 hadir ya,

    ReplyDelete
  7. wahhhh kelinciiiii,,saya ada 2 buk...Namanya itam,putih dan imut...hhehee

    ReplyDelete
  8. wah, aq juga senang meliara kelinci... apa kabar mbak, udah lama ga' bw...

    ReplyDelete
  9. kelinci itu lucu, tapis sayang karena gak ke urus , kelinciku tinggal satu.
    kasihan dia mati karena makan rumput yang berduri.

    ReplyDelete
  10. Boleh juga Bu pelihara kelinci buat hiburan anak2 juga pembelajaran sebuah tanggung jawab,
    dan manfaat yang lain dagingnya juga enak di buat sate nyam nyam nyam mantab...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan saya, juga berikan komentarnya ya....yuk mari silahkan

Referensi Ilmu

Report