Thursday, April 30, 2009

Hujan Lagi...Banjir Lagi...

Hujan lagi..banjir lagi...sepertinya sudah menjadi kebiasaan di Pekanbaru ini. Sejak tadi malam hujan mengguyur Pekanbaru hingga pagi ini. Setelah hujan reda aku pun bergegas berangkat ke tempat aktifitas. Banyak rintangan yg harus dilalui, yaitu banjir yg menggenangi jalan, ada yg parah banget banjirnya ada juga yg hanya sebatas mata kaki. Setelah berputar melalui jalur alternatif, walaupun agak jauh tapi Alhamdulillah aku berhasil melalui rintangan itu. Ngeri juga sih, gak kebayang lah kalo sampe motorku mogok di tengah banjir. Ya walaupun dah telat banget, akhirnya sampai juga di kantorku yg hijau...(kan cat pagarnya hijau, gitu..!)

Penyebab banjir di daerah ku ini yaitu tidak adanya drainase / parit dan yg sudah ada paritnya banyak yg mampet alias tersumbat oleh sampah dan ada juga yg tertutup pasir / tanah, sehingga air tidak bisa mengalir di 'jalur' nya untuk bisa sampai ke sungai.

Seandainya pemerintah membuatkan parit / drainase yg tertata rapi dan baik, kemungkinan tidak akan ada lagi banjir air di Pekanbaru ini. (kalo banjir rezeki mah OK aja...mau, mau, mau!!)

Apa saja penyebab banjir? banyak lah, selain sampah, banyaknya lahan gundul juga menjadi penyebabnya. Erosi bahasa sekolahnya. Karena tidak adanya akar2 tanaman yg mencengkram tanah untuk menyerap dan menahan air. Makanya mulai dari rumah kita, manfaatkan pekarangan dengan menanami tanaman hias atau tanaman buah2an, bisa juga dengan tanaman pelindung.

Let's go Green for our next generation!!


Nih hasilnya, selain halaman menjadi teduh dan enak dipandang mata, juga kan dapet hadiah tuh dari Allah....

8 comments:

  1. Banjir masih jadi PR besar bagi pemko Pekanbaru. Ntah kenapa tak juga terselesaikan.
    BTW sepertinya pas kopdar besok ada yang bawa mangga nih... Manis gak, Bun? kalo asem ogah ah.. Hehehehe...

    ReplyDelete
  2. Tak kirain yg pada banjir itu cuma ewot saja Bun,ternyata disana banjir juga yach?

    ReplyDelete
  3. saya setuju sama bang taufik, Pekanbaru mendapat kado anugrah Wahana Tata Nugraha 6 kali berturut-turut kategori kota besar,luar biasa , tapi sayang sekarang jadi Banjir.

    ReplyDelete
  4. Mungkin inilah cerminan Negara kita yang ga pernah memperdulikan masalah banjir, Munkin kiranya Banjir masalah kecil yang bisa di urus kapan2 aja...

    ReplyDelete
  5. Wah mbak semalam rumahku juga kebanjiran, akibat drainase yang tidak bisa bekerja dengan baik(ntar gw pecat)...bongkar semuanya..untung aja ada kekasihku yang ngebantuin beres-beres, beruntung banget ada kekasih yang cerdas...

    ReplyDelete
  6. kantornya tentara juga ijo neh

    ReplyDelete
  7. banjir uang kapan ya bunda????

    ReplyDelete
  8. numpang nongkrong ya buu!!
    ngomong2 masalah banjir air ini emang bikin pusing, udah menjadi langganan kayanya. solusinya menanam lahan yang kosong, kata ibu. akan tetapi saya gak punya tanah yang bisa di tanami alias cuma anak kos?!!!!! hehe... kacian gue

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan saya, juga berikan komentarnya ya....yuk mari silahkan

Referensi Ilmu

Report