Tuesday, June 23, 2009

Pasar Kaget Setiap Minggu Sore


Sudah 2 bulan belakangan ini ada aktifitas baru di Jl. Pramuka - Rumbai. Banyak pedagang dari pasar Rumbai, pasar Kodim, pasar Bawah dan pasar Pusat yg datang dan menjajakan dagangannya disini. Kebanyakan untuk jenis sayur mayur. Ada juga yg menjual pakaian, mainan anak, sendal-sepatu, tas, barang plastik - perkakas rumah tangga. Dan banyak juga pedagang kagetan dari penduduk sekitaran Rumbai, yg menjual aneka makanan dan minuman.
Menurut salah satu pedagang sayur mayur yg kebetulan kami sedang bertansaksi dengannya, menuturkan bahwa mereka berjualan disini guna menghabiskan dagangan yg tersisa dari pasar Kodim, tempat dimana ibu ini biasa berjualan. Keberadaan pasar kaget yang di koordinir oleh RW dan karang taruna setempat, sangat membantu baik bagi pedagang juga bagi pembeli, khususnya kalangan ibu-ibu rumah tangga, termasuk ibunya Zidan juga nih.... :D, karena terkadang di hari Minggu banyak aktifitas rumah yg harus dikerjakan, mulai dari subuh sampai siang hari, sehingga tidak sempat pergi ke pasar. Nah, dengan adanya pasar kaget ini sangat membantu sekali, apalagi untuk membeli sayur mayur dan bumbu dapur. Harganya pun sangat murah, obral deh..contohnya aja kemarin beli tomat, disini dijual 2 Kg Rp. 3000, tuh murah kan!!
Bagi keluarga Zidan, aktifitas ke pasar dilakukan seminggu sekali, karena ibu bekerja, jadi tidak memungkinkan untuk ke pasar setiap hari. Bahan makanan yg bisa disimpan selama 1 minggu pun di beli, mulai dari bumbu-bumbu dapur, cabe, bawang, sayur-mayur, ikan, daging, ayam, ikan asin, telur, dll. Semuanya bisa disimpan di kulkas dan freezer. Ya memang kualitas gizinya pasti akan berkurang seiring dengan lamanya waktu penyimpanan. Tapi dengan pengemasan dan teknik pengolahan yg baik, insyaAllah, makanan tersebut tetap segar, enak dan bergizi untuk dikonsumsi.
Satu lagi , kalo dengar ibu mau ke pasar, Zidan pasti selalu ikut menemani. Dia sangat senang melihat dan mengamati aktifitas transaksi jual beli, memilih sayuran, memilih ayam-ikan-daging. Khusus ikan, dia yang jadi QC nya, karena kriteria potongan ikan yg lolos menurutnya yaitu yg masih utuh ekornya. Dia hobi banget makan ekor ikan yg sudah digoreng kering..hhmm kriuk...kriuk..katanya. "Ekor ikan itu banyak gizinya ya bu?" gitu tanyanya..."Oh iya nak, ekor ikan itu banyak kalsiumnya, bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi Zidan..gitu sayang !!" jawabku . Duh senangnya kalo dah ikut ibu ke pasar, tak ada kata lelah baginya, apalagi setelah dapet balon kesenangannya. :P:P:P:):):D:D

8 comments:

  1. pertamaXX...........

    wew... seruh nih.......

    kapan kita Kpdar lagi Bund ...??

    Kangen nih....

    ReplyDelete
  2. Iya ya..kami juga menanti undangannya nih ....kangen banget dah lama gak kopdar..hayo kapan lagi yaaa???

    ReplyDelete
  3. asik bgt y deket rumah ada pasar kaget..

    ReplyDelete
  4. deket rumah ada pasar malam nih bun.
    hehehe :D

    UOOOHHH!!! :D

    ReplyDelete
  5. "Comenticus Maniacus"

    Wah, ternyata bukan aku aja ya yang bisa kaget, ternyata pasar juga bisa kaget... hehe...
    Jadi ingat waktu kecil, aku juga suka ikut kepasar.. :D

    Bener ya, ekor ikan banyak kalsium nya? aku mo coba deh, beli ikan buntutnya aja... :)

    ReplyDelete
  6. Wahhh.. Pasar Kaget emang Ibu-ibu banget nih... Hehe.. Borong Bun...
    BTW kangen Kopdar juga nih. InsyaAllah bulan depan kita ngadain kopdar lagi.

    ReplyDelete
  7. ughhhhhh jadi kaget aku
    eh ada hubungannya ga dengan pasar kaget

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan saya, juga berikan komentarnya ya....yuk mari silahkan

Referensi Ilmu

Report