Thursday, July 30, 2009

Zidan Digigit Semut atau Alergi ??

Siang kemarin, Mbah Akungnya Zidan nelpon ngabarin kalau bibirnya Zidan bengkak, jontor, jeding, kayak bibirnya Suneo temennya Nobita gitu. Dan dia minta agar ibunya segera pulang. Kalau dah dapet kabar ada sesuatu terjadi sama anak, pastilah perasaan ini gak tenang. Kerja juga gak konsentrasi lagi, serba salah, senewen, campur aduk lah. Segera saja aku pamit pulang untuk menemuai putra ku tersayang.
Sampai di rumah, Astaghfirullah...kaget, sedih, kasian, tapi pengen ketawa juga !??...lucu lihat wajahnya yg jadi mirip Suneo gitu. Tapi bersyukur karena Zidannya gak apa-apa, gak nangis, gak terasa sakit, hanya gatal aja katanya.
Kemungkinan Zidan kena gigit semut yg gatal itu, karena tadi dia sedang tiduran di ruang tengah sambil nonton TV. Tidurnya beralaskan karpet dan memang ada rombongan semut hitam lewat dekat situ. Sedikit lega dan tenang hatiku, karena keadaan Zidan baik-baik saja. Teringat mertuaku dulu pernah mengoleskan kapur sirih, sewaktu Zidan kecil dulu pernah kena gigit semut dirumahnya. Dan itu manjur. Bengkaknya langsung kempes dan hilang. Segera saja aku oleskan kapur sirih itu ke bibir atasnya. Menjelang sore, bibir atasnya sudah agak kempes. Alhamdulillah, ucap syukurku kepada Yang Kuasa.
Karena sudah baikan, kami pergi ke Supermarket 88 yg di Jl. Riau, untuk belanja bulanan, beli susu Zidan, dan barang kebutuhan lainnya. Seperti biasa, kalo dah ke 88 Zidan pasti minta main dulu di Lt.3. Motor trail roda 3, boom-boom car, dan odong-odong pesawat adalah mainan langganannya. Sudah puas dan senang hatinya setelah bermain, kami mulai aktifitas belanja bulanannya. Tapi ada yg berubah di bibir bawahnya. Ternyata bengkak dan gatal-gatal itu menular ke bibir bagian bawahnya. Waduh, panik diriku jadinya. Segera saja kami bergegas dan aku putuskan untuk membawa Zidan ke dokter Ellyana, langganan kami.
Sampai di tempat praktek dokter Elly, kami masih harus bersabar menunggu giliran, karena kami ada di nomor antrian ke-15. Sementara pasien baru sampai nomor 9. Selama menunggu, bengkak dan gatal-gatal itu menyebar, kali ini menyerang mata Zidan. Pertama di mata kirinya. Karena di kucek-kucek terus, akhirnya menular ke mata kanan. Duh, ya Rabbi, kasihan sekali anakku, harus kena gatal alergi begini. Apakah penyebabnya? kalau hanya kena gigitan semut, apa bisa sampai seperti itu? tak habis pikir, ku terus bertanya dalam hati. Tiba-tiba ada ibu setengah baya yg juga sedang antri menunggu giliran berobat mengatakan padaku agar mengoleskan minyak But But. Minyak itu berkhasiat untuk mengobati alergi, gatal-gatal, dan luka, apalagi akibat gigitan semut. Alhamdulillah, pertolongan Allah datang melalui ibu yg baik itu. Terima kasih ibu... Setelah 1 jam menunggu, akhirnya giliran Zidan pun tiba. Langsung saja aku sampaikan kronologis nya kepada dokter Elly. Diagnosa dokter Elly yaitu Zidan mengalami alergi, dan itu bisa akibat gigitan semut juga dari makanan. Lalu Zidan diberikan obat 2 jenis kaplet, untuk mengurangi gatal alerginya itu.
Pagi ini, Alhamdulillah bengkak di matanya sudah mulai kempes, walauppun belum pulih seperti semula. Nasihat dari kedua orang tua ku agar aku memperhatikan makanan yg akan di konsumsi Zidan, terutama hindari ikan laut. Memang ikan laut itu gizinya tinggi dan baik untuk pertumbuhan, akan tetapi sekarang banyak ikan laut yg dijual di pasar tidak dalam keadaan segar. Kebanyakan sudah mengandung pengawet. Dan itu bisa menyebabkan keracunan dan alergi. seperti yg pernah aku alami dulu, setengah jam setelah mengkonsumsi gulai kepala ikan kakap, wajahku panas, memerah dan badanku terasa nyeri disertai gatal-gatal di sekujur tubuh. Semoga saja peristiwa yang ku alami tidak terjadi pada anakku Zidan. Teringat 4 hari yang lalu dia makan gulai cumi, walaupun hanya sedikit.
Siang ini aku akan mencari minyak But But itu. Barusan dengar iklan di Radio Rabbani 91.60 FM, ada Warung Sehat Atiya yang menjual minyak But But, habatusauda, minyak zaitun, dll. Alamatnya di Jl. pepaya gg. Tanjung dekat mesjid Ar-Rahim pekanbaru, begitu sih kalo gak salah dengar. Ya, semoga saja ketemu dan berhasil membawa minyak But But untuk Zidan. Bismillah dulu deh... :)

6 comments:

  1. semoga lekas sembuh zidannya mak...

    ReplyDelete
  2. Smoga Lekas Smbuh ya Zidane Nya Mnak...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Om Eri dan om Embun, Alhamdulillah sekarang Zidan sudah sembuh. Sudah di oleskan minyak But But nya sama Ibu plus minum obat yg dari dokter Elly juga... :)

    ReplyDelete
  4. Waduh kasian Zidan, cepet sembuh ya nak....

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah kalo zidane ny uda sembuh. :)
    eniwei, minyak but-but ny manjur ya mba? ak sering alergi , bengkak2 kalo dingin. di paha, di bibir paling sering..hihi..monyong seharian jadiny.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan saya, juga berikan komentarnya ya....yuk mari silahkan

Referensi Ilmu

Report