Tuesday, March 23, 2010

Senangnya Nanggok Ikan Gurame di Kolam Mbah Akung

Awalnya membuat kolam ikan itu, karena Om Nda (Om nya Zidan) itu hobi piara ikan cupang a.k.a ikan laga, trus dia juga ternak ikan cupang dan lobster air tawar (LAT). Tapi setelah Om Nda balik ke Bekasi maka kolam pun gak ada yang merawat lagi. Lalu di isi lah oleh mbah Zidan dengan bibi ikan Gurame sekitar 100 ekor. Seiring dengan berjalannya waktu, trus mulai deh, ada yang mati karena "seleksi kolam" (kan rebutan tuh cari tempat berenang yg lebar, makanya pada sering tabrakan antar sesama ikan kali...), trus ada juga yang mati karena keracunan amonia (endapan sisa pakan yang mengandung amonia tinggi naik ke atas. Di sisi lain kadar oksigen terlarut di air turun. Ujung2nya ikan pada mati deh). Nah akhirnya tersisa lah ikan Gurame itu tinggal satu ekor. Waduuuhhh....perjuangan yang panjang ya! Karena sepi tuh ikan di tambah lah teman untuknya. Kira2 pertengahan tahun 2009 kemaren, Zidan minta sepasang indukan ikan Nila dari Atuknya. Nah si ikan Nila (Mujair) ini bisa bereproduksi atau berkembang biak alias kawin secara alami. Maka lahirlah anak2 ikan nila itu dan meramaikan kolam mbah Akungnya Zidan juga menemani sang ikan Gurame tadi. Nah karena makin hari makin nambah aja tuh anak ikan nila, juga sang Gurame yg tambah besar, maka .......(ceileee...dah kayak rapat petinggi Dewan aja neh ! :P ) akhirnya di putuskan untuk "mananggok" alias panen ikan gurame itu... ini dia sang Gurame nya (beratnya 2 Kg)



































Selain ikan Gurame itu, di tanggok juga indukan ikan Nila sekitar 3 ekor. Ini untuk mencegah supaya tidak "inbreading" alias kawin sedarah gitu yang nantinya akan menghasilkan anakan ikan yang kontet/bantet/gak bisa besar. Nantinya juga kan dari anakan ikan Nila itu akan ada indukan-indukan baru jika sudah besar nanti.
Maka jadilah hari Sabtu kemarin itu acara bakar ikan Gurame dan makan malam bersama mbah Akung & mbah Uti di rumah Zidan. Menikmati hasil jerih payah nya selama kurang lebih 2 tahun memelihara ikan Gurame.
Sekarang kolam mbah Akung masih terdapat ikan Mujair/Nila. Kemarin sempat ngitung, ada sekitar 150 ekor yang berukuran 2 sampai 3 jari. Tinggal memelihara dan membesarkannya, lalu kemudian panen lagi deh.... cihuuyy !

8 comments:

  1. wah...., ikannya besar sekali mbak.
    Hati-2 aja kalau ketahuan anakku, bisa-2 dia ngajak mancing kesana hahaha...

    BTW..., makasih dah mampir dan salam kenal juga

    ReplyDelete
  2. Mana foto Ikan Bakarnya mbak...? Hemm, pasti senang sekali ya makan ikan dari kolam sendiri.

    ReplyDelete
  3. yihaaaaaaaaaa kalo bertuah nanggok disitu semua, abislaaaaah

    ReplyDelete
  4. Wah..besok2 bisa neh kopdar disana sambil bakar2 ikannya...hahahha

    ReplyDelete
  5. Halo, hobi baca buku?
    Jangan lupa mampir ke BOOKSCREW ya.
    Kami menjual banyak buku bekas dari banyak judul juga, dengan kualitas yang masih sangat baik :)
    Harga miring sekali, diskon hingga 35% dari harga terbarunya. Bila berminat silahkan kunjungi site kami. Terima kasih, buka terus buku untuk kembangkan ilmu :)

    ReplyDelete
  6. Berat juga perjuangan hidup si Ikan,,..

    Zidane,. , besok kalau ada Ikan lagi Ajak Bang Embun ya buat mkan bersama? hehe :)

    ReplyDelete
  7. Gede Ikannya...!!! kapan neh makan2 nya...he.he...

    ReplyDelete
  8. @ Catatan kecilku ; wah sama dong, zidan juga suka mancing...kapan2 boleh tuh mancing bareng2, enak mah di kolam pemancingan yg luas banget dan ikannya banyak

    @the others ; ikan bakarnya ada sih fotonya, tapi gak utuh 1 ekor mbak, udah di potong jadi 3, karena gak muat di jepitan panggangannya saking gedenya .. :D

    @Bang Attayaya ; kalo Bertuah yang nanggok musti bayar pake paypal ya...hahahahahaaaaa

    @Maryo ; good idea! boleh aja .... :D

    @Bookscrew ; Tq Ata, saya sudah pesen loh bukunya....kata orang baca buku bikin kita awet muda, jauh dari penyakit pikun ... :)

    @Om Embun ; oke deh Om, sekalian zidan kursus bikin blog anak2 yaaaa...hihihihihi

    @Prof ; tunggu aja kapan waktunya ...hehehehheee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca postingan saya, juga berikan komentarnya ya....yuk mari silahkan

Referensi Ilmu

Report